GuidePedia

10


GuruPreneur Mindset  Oleh : Ayi Muzayini (Penulis, Trainer, Motivator, Founder Istana Mulia Group)

Sahabat Hebat Mulia.
Betapa indahnya Hidup yang dijamin Alloh SWT akan selalu untung. Hidup atau wafat tetap mendapat aliran kebaikan kemulian pahala dari orang lain. Merekalah adalah para guru

“Dan Hendaklah Ada di Antara Kamu Segolongan Umat Yang Menyeru Kepada Kebajikan, Menyuruh Kepada Yang Makruf dan Mencegah Dari Yang Munkar, Merekalah Orang-orang Yang Beruntung.” (Qs Ali Imran [3]: 104).

Dan sungguh, telah Kami tulis di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam Adz-Dzikr (Lauh Mahfuzh), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang shalih. (QS. Al-Anbiya Ayat 105)

Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh, akan menjadikan mereka berkuasa di bumi. (an-Nur/24: 55) 

Siapa itu GuruPreneur Hebat ?

GuruPreneur HEBAT adalah pendidik yang mampu Menumbuhkan Ketenangan Hati, Suasana Kebersamaan, Kegembiraan, Kenyamanan, Menciptakan Optimisme, Dalam proses Belajar, Serta Memberikan Pemahaman dan Penyadaran Kepada Peserta Didik Terhadap Proses Perjuangan Yang Sedang Dijalaninya Menuju Sukses Mulia Dunia Akhirat

TANDA SUKSES MENGAJAR MENYENANGKAN
  • Siswa Banyak Tanya
  • Siswa Banyak Coba
  • Siswa Banyak Karya
  • Siswa Bahagia 

PRINSIP GuruPreneur HEBAT 

Segalanya Berbicara

Ketika proses belajar berjalan, maka semua hal di sekitar berbicara. Mulai dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh mengisyaratkan pesan tentang belajar.

Segalanya Bertujuan

Semua yang dilakukan oleh guru di dalam proses belajar memiliki tujuan untuk muridnya

Pengalaman Sebelum Pemberian Nama

Otak berkembang pesat ketika mendapat rangsangan yang menggerakkan rasa ingin tahu. Jadi, berilah informasi tentang materi terlebih dahulu sebelum mereka memperoleh penamaan materi

Apresiasi - Akui Setiap Usaha

Ketika murid turut aktif dalam proses belajar, akuilah usahanya. Hal itu dapat membuatnya semakin percaya diri dengan kemampuannya dan menimbulkan minat belajar yang lebih besar ke depannya.

Layak Dipelajari, Layak Pula Diapresiasi

Apreasiasi Berupa pemberian pujian atau tindakan lain, seperti tepuk tangan, akan membuat mereka merasa usahanya dihargai.

Tumbuhkan Motivasi dan Optimesme

Guru dapat memulai kelas dengan berdoa Diberikan ilmu yang bermanfaat, membaca asmaul husna atau dzikir pendek, Kemudian dilanjutkan memberikan pemantik semangat untuk mereka agar tertarik mengikuti jalannya proses pembelajaran.

Tadabur Alam

Guru Hebat harus menciptakan pengalaman umum bagi murid melalui contoh peristiwa alam yang dapat mereka mengerti, baik itu kutipan dari Ayat Al-Qur’an, Hadits, kisah teladan para nabi dan para sahabatnya, atau kejadian pembawa hikmah lainya,dll. “dan Kami tidak menciptakan tangit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, Maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. Patutkah Kami menganggap orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh sama dengan orang-­orang yang berbuat kerusakan di muka bumi? Patutkah (pula) Kami menganggap orang- orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang berbuat maksiat?” ( QS. Shad 27-28 )

Namai

Guru menjelaskan peristiwa yang sudah dicontohkan dengan mengaitkannya pada materi. Gunakan kata yang mudah dimengerti, rumusan yang benar, konsep yang jelas, serta strategi yang dapat mereka lakukan. “Dan Dia (Alloh) mengajarkan kepada Adam semua nama-nama (benda)” (Q.S Al-Baqarah:31).

Ibnu Abbas r.a. berkata “Allah mengajarkan Adam nama-nama semua zat dan gerakannya, baik kecil maupun besar. Nama-nama ini yang dikenal oleh manusia, seperti nama orang, hewan, bumi, dataran rendah, laut, gunung unta, keledai dan nama-nama lainnya”.

Demonstrasikan

Beri kesempatan kepada murid untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan alat peraga dalam menjelaskan atau melakukan sandiwara maupun permainan sederhana agar murid dapat selalu mengingat isi materi

Ulangi

Biasakan untuk mengulangi hal yang telah dibahas pada pertemuan tersebut. Pastikan murid telah memahami hal yang dijelaskan saat itu. Bila perlu beri rangkuman tentang materi yang telah dibahas.

Rayakan

Setelah seluruh materi tersampaikan, guru dapat merayakan keberhasilan mereka memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan. Perayaan dapat berupa pujian, yel-yel, atau tepuk tangan untuk menghormati usaha, ketekunan, dan kesuksesan mereka.

CIRI PEMBELAJARAN GuruPreneur HEBAT

  •  Penggunaan musik dengan tujuan-tujuan tertentu.
  •  Pemanfaatan ikon-ikon sugestif.
  •  Penggunaan ”stasiun-stasiun kecerdasan” untuk memudahkan murid belajar sesuai dengan modalitas kecerdasannya.
  •  Penggunaan bahasa yang unggul.
  • Suasana belajar yang menyenangkan dan saling memberdayakan.

Penerapan  PEMBELAJARAN GuruPreneur HEBAT

Kekuatan Motivasi, Nasehat Dalam Kebenaran dan Kesabaran

Adz Dzariyat ayat 55 yang artinya, "Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman."

Penataan lingkungan belajar

   Dalam proses belajar dan mengajar diperlukan penataan lingkungan yang dapat membuat murid merasa aman dan nyaman, dengan perasaan aman dan nyaman ini akan menumbuhkan konsentrasi belajar murid yang baik. Dengan penataan lingkungan belajar yang  tepat juga dapat mencegah kebosanan dalam diri murid.

Memupuk sikap juara

   Memupuk sikap juara perlu dilakukan untuk lebih memacu dalam belajar murid, seorang guru hendaknya jangan segan-segan untuk memberikan pujian atau hadiah pada murid yang telah berhasil dalam belajarnya, tetapi jangan pula mencemooh murid yang belum mampu menguasai materi. Dengan memupuk sikap juara ini murid akan merasa lebih dihargai.

Bebaskan Gaya Belajarnya Dengan Bingkai Akhlak Mulia

Ada berbagai macam gaya belajar yang dipunyai oleh murid, gaya belajar tersebut yaitu: visual, auditorial dan kinestetik. Dalam quantum  learning  guru hendaknya memberikan kebebasan dalam belajar pada muridnya dan janganlah terpaku pada satu gaya belajar saja.

CIRI PEMBELAJARAN GuruPreneur HEBAT
  •  Penggunaan musik dengan tujuan-tujuan tertentu.
  •  Pemanfaatan ikon-ikon sugestif.
  •  Penggunaan ”stasiun-stasiun kecerdasan” untuk memudahkan murid belajar sesuai dengan modalitas kecerdasannya.
  •  Penggunaan bahasa yang unggul.
  • Suasana belajar yang menyenangkan dan saling memberdayakan.

Cara Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan Adalah dengan menjadikan diri kita Bahagia, Gembira, Ceria, Bercahaya 

  •  Interaksi dengan Siswa
  •  Memanfaatkan Teknologi
  •  Ciptakan Suasana Belajar yang Berbeda
  •  Jangan Kaku
  •  Tunjukkan Perhatian yang Adil dan Merata
  •  Make It Simple

Posting Komentar

 
Top