GuidePedia

0
Kabar gembira untuk anda yang ingin optimal dalam ibadah di bulan berkah, bahwa Indonesia Putuskan 1 Dzulhijjah 1434 H Jatuh Pada 6 Oktober 2013

Baca Juga artikel Haji Umroh  : Travel Biro Umroh Murah dan Terpercaya Menyelengarakan PROGRAM PAKET UMROH HEMAT MURAH 1.750 USD (09 HARI)

Jakarta. Kementerian Agama menetapkan awal Dzulhijjah 1434 H jatuh pada hari Minggu, 6 Oktober 2013 dan puncak pelaksanaan ibadah haji, yaitu wukuf pada 14 Oktober dan Idul Adha jatuh pada 15 Oktober 2013.

Penetapan awal Dzulhijjah 1434 H tersebut diambil melalui sidang isbat di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Jakarta, Sabtu petang, Pada rapat terebut hadir perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dari seluruh Indonesia.

Sidang isbat adalah sidang penetapan dalil syar`i di hadapan majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. Sidang isbat itu sendiri dipimpin Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil dan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Tengku Zulkarnain.

Sebelum sidang digelar, seperti juga pada sidang isbat awal Ramadhan dan 1 Syawal, dilakukan paparan mengenai posisi hilal dan matahari oleh Thomas Djamaluddin dari Planetarium Jakarta. Dari sisi astronomi, penjelasan Thomas tak ada yang menyangkal. Tetapi tatkala sidang hendak mengambil keputusan, muncul silang pendapat.

Memang pada sidang awal Dzulhijjah tersebut tak seramai penentuan awal Ramadhan atau 1 Syawal. Tetapi perhatian Ormas Islam terhadap persoalan ini tetap besar.

Sidang berlangsung sejak Pukul 16.30 WIb, dan usai shalat magrib dilanjutkan dengan pembahasan dan mendengarkan pendapat dari wakil- wakil ormas. Majelis sidang isbat akhirnya menyetujui keputusan yang ditetapkan Dirjen Bimas Islam. (e001/a011/Tasrief Tarmizi/Ant)

Posting Komentar

 
Top